Atlan Tech

Seputar Sepeda, Otomotif, Gadget dan lainnya

KENAPA SEPEDA MERK PACIFIC MURAH ?

Sumber Foto : pasificbike.com
Tulisan ini sifatnya hanya netral dan berbagi sedikit pengetahuan tentang sepeda, bukan bermaksud untuk mempromosikan atau melakukan pernyataan tendensius terhadap suatu merk.

Sepeda Pacific, adalah sebuah merk sepeda Indonesia yang sedang booming akhir-akhir ini, bersamaan dengan semakin populernya lifestyle sepeda di kalangan masyarakat. Selain desain yang menarik dengan warna-warna gradasi yang baik dan mencolok, sepeda merk Pacific juga berharga murah meriah jika dibandingkan 3 merk lokal lainnya yaitu Polygon, United dan WIM cycle. Bayangkan dengan anggaran uang di bawah 2 juta, kita sudah bisa membeli sepeda dengan frame alloy ( sejenis aluminium ) yang terkenal ringan dan kuat.
Banyak orang penasaran kenapa sepeda pacific bisa berharga lebih murah dibandingkan dengan 3 merk lokal lainnya. Inilah rahasianya yang saya dapatkan dari berbagai info karyawan pabrik tersebut.

BEA MASUK PIPA ALLOY YANG TINGGI, PABRIK PACIFIC TIDAK MEMPRODUKSI FRAME SENDIRI

Indonesia adalah negara penghasil dan pengekspor bahan-bahan mentah dan setengah jadi, sehingga semua bahan setengah jadi dari luar negeri diberikan pajak bea cukai yang tinggi guna memproteksi produksi dalam negeri. Begitu juga berlaku kepada Pipa Alloy, walaupun Indonesia tidak memproduksinya namun tetap saja karena pipa alloy adalah bahan setengah jadi sehingga secara peraturan bea cukai diberi pajak yang tinggi.


Baca juga : 5 Hal Menarik Seputar Olahraga Bersepeda Yang Wajib Anda Ketahui

Sehingga pabrik sepeda Pacific tidak memproduksi frame di Indonesia, namun langsung di Negara Cina dimana merupakan salah satu negara penghasil pipa alloy. Lalu frame-frame itu masuk negara kita dengan pajak bea cukai yang lebih rendah sebagai barang jadi, selain itu upah buruh pabrik di Cina lebih rendah daripada di Indonesia. Kita tahu bahwa penentu paling utama mahal murahnya harga sepeda adalah frame / rangka, karena frame adalah tempat semua komponen sepeda dipasang. Hal inilah yang menyebabkan harga produksi sepeda pacific bisa ditekan rendah, sehingga harga jualnya bisa lebih murah.

LALU KENAPA 3 PRODUSEN LOKAL SEPERTI POLYGON, UNITED, WIM CYCLE TIDAK MELAKUKAN LANGKAH YANG SAMA ?

Tentu ada alasan tersendiri bagi ketiga produsen lokal, kenapa mereka lebih memilih mengimpor pipa alloy dan membuat frame sepeda di dalam negeri. Terutama dengan standar mutu yang bisa senantiasa dikontrol.


Umroh Milad Anata Tour And Travel Bonus City Tour Thaif 

Kita tahu ketiga produsen lokal itu juga mengekspor sepeda ke Eropa, sehingga standar mutu harus memenuhi standar Eropa yang memang menerapkan standar sangat ketat. Proses pengawasan mutu ini juga menambah biaya produksi.


Baca Juga : Sepeda Listrik Model MTB Polygon, Entiat E

KALAU FRAME BUATAN CINA, TENTU KUALITASNYA BURUK DONG ?

Berkaca dari produk-produk Cina lain seperti sepeda motor, mobil, ponsel yang secara kualitas umumnya di bawah rata-rata sehingga orang dengan mudah memvonis bahwa semua produk Cina berkualitas buruk.

Tentu tidak seperti itu, banyak produk-produk Cina yang berkualitas baik. Mungkin benar kata pepatah Jawa yaitu ada harga ada rupa, harga tinggi kualitas tinggi, harga rendah kualitas rendah. Walaupun harga sepeda Pacific murah namun secara kualitas tidaklah seburuk yang dibayangkan. Mungkin kualitas frame sepeda Pacific tak sebaik 3 produsen lokal yang ada, namun saya katakan tetap baik dan kuat. Secara logika, buat apa beli sepeda mahal kalau cuma buat ikutan carfree day, atau cuma buat jalan-jalan keliling kota. 

kualitas sepeda pasific, kualitas mtb pasific, kualitas frame pasific

Post a Comment

Bagus sangat netral infonya, mudah2n lebih banyak bloger2 seperti ini.

Memang murah, tapi tidak berkualitas. Tetap produk lokal yg memiliki kualitas tinggi dan tahan lama utk pemakaian jangka panjang. Ini menurut pandangan saya

This comment has been removed by the author. -

Jadi kalo cuma buat car freeday aja mah mending beli pacific, tapi kalo mau sepede buat adventure awet 5 tahun lebih.. mendingan pake 3 merk lokal yang sudah terbukti awet lahir batin... heheheh pengalaman pribadi pake united monza 24 speed, udah 6 tahun, kenyang make on the road maupun off road, rangkasbitung-pandeglang-serang, rangkasbitung-cileles-sajir, rangkasbitung-sajira-cipanas, belom lagi track offroad dalam kota di perkebunan.. mantaaap..

Tul.buat dicar free mah.wis yang murah saja

Tul.buat dicar free mah.wis yang murah saja

Yang mahal sehatnya...sepeda yang murah jg kaga apa2...

tulisan yang bagus.. kebetulan sy sedang cari sepeda.. tapi masih tetep bingung jg sih antara united atau pacific..

Artikel baik. tapi menurut saya kualitas frame sepeda tidak hanya ditentukan oleh kuat/ringannya bahan saja, tapi juga penelitian geometri frame yang tepat sesuai postur tubuh, sehingga berolahraga menjadi aman dan menyenangkan. Itu yang membuat beberapa sepeda menjadi mahal

Artikel baik. tapi menurut saya kualitas frame sepeda tidak hanya ditentukan oleh kuat/ringannya bahan saja, tapi juga penelitian geometri frame yang tepat sesuai postur tubuh, sehingga berolahraga menjadi aman dan menyenangkan. Itu yang membuat beberapa sepeda menjadi mahal

Cintailah produk dalam negeri. Lebih milih 3 merek lokal tersebut walaupun lumayan mahal karena aku cinta produk anak negeri sendiri daripada negara lain.

Cintailah produk dalam negeri. Lebih milih 3 merek lokal tersebut walaupun lumayan mahal karena aku cinta produk anak negeri sendiri daripada negara lain.

Butuh agen sepeda pacific jatim. Info aj ke irwancompany07gmail.com thankx

Kualitas nya kurang memuaskan.. Lebih baik sepeda merk polygon .. Bagus dan sudah mendunia. Prodak dalam negri jg

Masukan yang berharga. Artinya ketika kita membeli Pasific rangka harus kita perhatikan benar-benar, karena proses perakitan di China, siapa tahu ketika dalam pengangkutan mengalami bengkok. Pasific menjadi alternatif pilihan untuk kita yang ingin memiliki sepeda atau untuk anak-anak SD-SMP. Nice info.. :)

nice artikelnya min,,kalo speknya sama tapi pacific lebih murah kenapa nggak,,
setau saya pacific juga ada garansi frame nya 5 tahun

Leres kang.....sependapat saya,sesuaikan dn tubuh jua....

bagus engganya mending dicoba sendiri, kalo cuman liat barang dibikin di cina dikira jelek tengok itu smartphone kalian memangnya diproduksi dimana, pasti banyak yg tulisannya made in china.
lagian beli sepeda liat merek, baru goes 500meter udah ngos"an mah jangan banyak komentar soal sepeda. banyak pecinta sepeda malah lebih milih ngerakit sepeda dari rongsokan yg udah berkarat parah n mereka enjoy" aja.

kalo selisih harga berapa ratus ribu mending ambil united..tp tergantung juga kebutuhan sepeda untuk apa..klo cuma buat car freeday sih bener kata admin..yg murah juga jadi..

Ane pake pacific buat adventure, offroad, kuat juga kok.... Teman² ane jg byk yg pake, murah tp berkualitas...

JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
-Poker
-AduQ
-BandarQ
-Domino QQ
-Capsa Susun
-Bandar Poker
-Bandar Sakong
-Bandar 66 (NEW)
Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
-Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
-Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
LiveChat 24 Jam Online
PIN BBM : 2AE76E22
WA : 081319506846
WEBSITE :www.jaguarqq.info

Yuph...saya juga punya pacific. Finishingnya juga kurang rapi, beberapa bagian juga kurang presisi dan mudah rusak. Sepertinya selain frame juga, QCnya juga ga seketat yg lebih mahal. Tapi ya itu, klo cm buat sepedaan keliling kompleks, CFD sudah cukup. Salam gowes

Nice info... biar gak salah beli.gayssss
Kita perlu kualitas bukan kwantitas

Setuju...lebih dari setuju klu ada...

Betul...klu buat yg rute yg jalan raya atau komplek dah bagus pasific

Info bagus,lumayan buat masukan,terima kasih

Saya punya Pacific invert 500 , garansi frame 5th. Saya pakai blusukan keluar masuk kampung, jalan berlumpur berbaru dan fork(peredam kejut) nya sangat bsrfungsi dg vaik.
Menurut sya Klw di pakai sesuai peruntukan nya gak bakalan ada masalah. Asal jangan di pakai buat DH Krna bukan peruntukan nya.

Punya saya pacific spazio 3.0, dibawa touring 120km ga ada masalah. Sepeda mahal malah banyak yg minggir tuh. Intinya sesuaikan budget.

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget