Atlan Tech

Seputar Sepeda, Otomotif, Gadget dan lainnya

KENAPA HP XIAOMI HARGANYA MURAH ?

Review Xiaomi Pocophone 1, kelebihan dan kelemahan hp xiaomi
Sumber foto : Android Authority
ATLAN-TECH. Banyak yang masih penasaran kenapa harga HP Xiaomi murah ?, walaupun dengan fasilitas fitur di atas harganya jika dipadankan dengan HP merek lainnya. Memang memiliki smartphone android di jaman sekarang alias jaman now seperti sudah menjadi kebutuhan, salah satu merek telepon pintar alias smartphone yang cukup kita kenal adalah Xiaomi, yang terkenal dengan gadget atau HP berharga lebih murah dibanding merek lainnya. Sehingga banyak orang penasaran kok bisa HP Xiaomi harganya murah?. Apakah berarti jika harganya murah maka Hp Xiaomi cepat rusak?.

Tas Pinggang Army Untuk HP cocok buat kamu yang berjiwa adventure, pekerja lapangan, outdoor sport 

Agar tidak terlihat seperti mempromosikan sebuah produk maka artikel ini berusaha mengulas seobjektif mungkin. Karena blog ini lebih ke artikel pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli sebuah produk.

MURAH DARI SEGI APANYA DULU ?

HP Xiaomi harganya memang murah namun harus dilihat dahulu, murah dari segi mananya?

Fitur

Ya fitur penting dalam pertimbangan membeli sebuah smartphone android. Jika kita menilik fitur-fitur yang disematkan pada HP Xiaomi maka kita bisa mendapatkan beberapa keistimewaan fitur unik dari produk ini yang tidak ada di produk HP lainnya, yaitu :

Ruang Kedua

Merupakan fitur unik yang saat ini hanya dimiliki oleh Smartphone Xiaomi. Ruang Kedua adalah aplikasi yang memungkinkan kita meletakkan berbagai macam dokumen, foto, video dan aplikasi lainnya di tempat yang lebih privasi. Karena untuk memasukinya harus menggunakan kata kunci alias password. 

Aplikasi Ganda

Lagi-lagi ini merupakan sebuah fitur unik yang mungkin saat ini masih terdapat pada HP Xiaomi. Aplikasi ganda memungkinkan Anda untuk menggandakan aplikasi apapun tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga yang harus diunduh dari Play Store seperti Apps Clone. Dan hebatnya lagi, aplikasi kedua ini mampu berfungsi secara maksimal sebagaimana aplikasi pertama. 

Untuk sektor kedua fitur unik ini bisa dikatakan Xiaomi adalah HP murah dengan fitur eksklusif yang mungkin saat ini tidak dimiliki oleh merek smartphone lain.

Kamera

Sektor kamera juga merupakan pertimbangan utama dalam memilih ponsel pintar saat ini. Bagaimana dengan kamera HP Xiaomi yang secara rata-rata berharga lebih murah. Ternyata dalam masalah kamera HP Xiaomi cukup berkualitas. Untuk hasil jepretan tipe HP low end-nya alias yang termurahnya pun lumayan bagus. Bidikan fokus pada objek dekat menghasilkan efek bokeh yang lumayan tanpa aplikas tambahan. Di bawah ini adalah hasil bidikan dari kamera Xiaomi Redmi 4A Prime. 

Kualitas kamera xiaomi

Dari sektor kamera, tenyata HP Xiaomi bisa bertanding dengan HP merek-merek lainnya yang harganya lebih mahal. 

Central Processing Unit alias CPU Atau Prosesor

Untuk masalah CPU, di masa lalu memang Xiaomi sempat bermasalah dengan Prosesor Mediatek yang terkenal mudah panas dan mudah lamban alias lemot ada pemakaian lama. Namun saat ini Xiaomi telah membekali smartphonenya dengan Prosesor Qualcom Snapdragon yang terkenal lebih bagus. 

Bahkan produk terbarunya Xiaomi Redmi Note 5 Pro adalah Smartphone yang pertama menggunakan Qualcom Snapdragon 636 Octa Core, Prosesor yang tercepat saat ini. 

Kualitas Bodi Dan Hardware

Untuk kualitas bodi HP produk-produk Xiaomi rata-rata hampir sama dengan HP lainnya yang sekelas walaupun harganya lebih murah. Namun ada juga yang bilang, kalau bodi Xiaomi lebih ringkih, terutama produk low endnya. Tapi toh sekarang banyak beredar di pasaran produk-produk pelindung bodi yang bisa dipakai. 



Begitu juga kualitas hardwarenya, hampir tidak jauh beda dari merek-merek lainnya yang harganya lebih mahal. Saya punya Xiaomi Redmi 4A yang sudah saya beli hampir 2 tahun lalu pun saat ini masih bisa berfungsi normal dan hampir tidak ada penurunan performa baik respon sentuhan maupun kecepatan proses kerja, kecuali baterai memang sedikit menurun performanya. Jadi apakah xiaomi yang harganya murah cepat rusak, saya kira sih tidak, karena secara kualitas juga sudah standar dengan hp merek lainnya.

LALU APA SIH YANG MENYEBABKAN HARGA HP XIAOMI MURAH ?

Nah ketika kita melihat sekilas review di atas, tentu kita makin penasaran kenapa kok harga HP Xiaomi murah?, padahal dari fitur, kamera, bodi dan hardware kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek yang lebih mahal. 


1. Xiaomi Adalah Brand Baru


Mungkin bagi Anda orang perkotaan, nama Xiaomi sebagai brand HP android cukup familiar, bagaimana dengan orang kampung?. Jika orang kampung akan membeli HP android tentu mereka akan mencari HP merek yang sudah dikenal seperti Samsung. 

Berbeda dengan Samsung, Xiaomi bukanlah merupakan Brand Kategori King atau Raja. Apa itu brand kategori king, yaitu brand yang memang sudah identik dengan sebuah jenis produk. Misalnya semua yang namanya air mineral adalah Aqua walaupun merknya bukan Aqua, semua yang namanya Speaker masjid adalah TOA, semua sepeda motor namanya Honda, semua pompa air namanya Sanyo, dan lainnya. 

Bagaimanapun Xiaomi bukanlah pionir Smartphone Android, sehingga tidak perlu mempertimbangkan untuk mempertahankan eksklusifitas brand dengan harga tinggi. 

2. Margin Keuntungan Rendah

Menurut Lei Jun ( CEO Xiaomi ), margin keuntungan yang diambil perusahaan tidaklah tinggi, sehingga dia bisa menekan harga jual semua produk Xiaomi. 

Yang perlu kita ketahui adalah hampir semua produsen smartphone terutama merek-merek terkenal, menjual produk terbarunya dengan harga 3-4 kali lipat harga produksi. Misalnya sebuah HP model baru dari merek terkenal dengan biaya produksi keseluruhan hanya Rp. 2 juta, dan dijual 4 kali lipat, harganya bisa sampai Rp. 8 juta.  Ini adalah strategi perusahaan untuk meraup untung sebesar-besarnya di awal, sampai pada akhirnya harga produk tersebut terus menurun karena muncul pesaing dan produk model baru lainnya, sampai produk tersebut tidak diproduksi lagi. 

Menurut Lei Jun, Xiaomi mengambil margin keuntungan tidak sampai atau maksimal 2,5 kali dari harga produksi. Jadi keuntungan yang diambil di awal tidak terlalu besar. Misal HP dengan biaya produksi 2 juta, maka hanya dijual maksimal 5 juta saja. 

3. Garansi Resmi dan Non Resmi

Faktanya banyak HP Xiaomi dijual tanpa jaminan garansi resmi, atau yang dimaksud di sini adalah tanpa ada jaminan asuransi dari perusahaan pihak ketiga seperti TAM. Tentu saja jika kita membeli smartphone Xiaomi dengan garansi resmi, kita harus membayar lebih mahal karena ada komponen biaya premi asuransi dari perusahaan penyedia garansi. Berbeda dengan Garansi non resmi, yang memang pihak distributornya yang bersedia menanggung jika ada masalah pada produk. Garansi Distributor jelas lebih ribet dalam pengurusannya.

Begitu juga dengan ROM Global ( ROM versi asli Xiaomi yang global ) dengan ROM Distributor ( ROM yang dibuat oleh distributor ). Ini juga sangat mempengaruhi harga jual. Namun harga Xiaomi dengan garansi resmi pun masih di bawah merek terkenal lainnya.

4. Service Center Yang Masih Jarang

Mungkin jika kita tinggal di perkotaan besar akan mudah menemui service center Xiaomi, namun bagaimana dengan kota-kota kecil?. Tentu ini akan jadi kendala. Karena banyak sedikitnya Service Center juga berpengaruh tidak langsung pada harga jual HP. 

Inilah mungkin kelemahan dari Xiaomi, jika terjadi masalah pemakaian sedangkan service center ternyata jauh dari tempat kita tinggal maka hal ini akan menyulitkan kita untuk mengklaim garansi.

KESIMPULANNYA

Secara keseluruhan, Smartphone atau HP Xiaomi cukup baik dalam kualitas dan tidak kalah dengan merk-merk lainnya, serta dengan harga yang lebih murah. Namun terlepas dari itu yah semua tergantung dari sobat Atlan sendiri, apakah berminat membeli produk-produk gawai Xiaomi atau merek lainnya.

Jadi jika sobat Atlan ingin membeli Smartphone Android merek Xiaomi, artikel ini cukup bisa menjadi pertimbangan. Kalau bagi saya sih lebih menyarankan pada fungsi, bukan merek, dan Xiaomi cukup mumpuni untuk menunjang pekerjaan dan aktifitas kita sehari-hari. 

xiaomi cepat rusak, xiaomi dan harganya, xiaomi dan spesifikasi

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget