Atlan Tech

Seputar Sepeda, Otomotif, Gadget dan lainnya

MAU BELI HONDA PCX HYBRID ? INI REVIEWNYA

review honda pcx hybrid, kelebihan honda pcx hybrid, kekurangan honda pcx hybrid, honda pcx shock bengkok

ATLAN-TECH. April 2018 kemarin PT. Astra Honda Motor mengumumkan akan memproduksi massal skuter matik gambotnya yaitu All New Honda PCX 2018 versi hybrid atau hibrida. Ini adalah produk sepeda motor pertama yang diproduksi dan dijual di Indonesia dengan sistem mesin hibrida. 

Mesin hibrida atau hybrid adalah dua buah sistem penggerak mesin atau dua buah atau lebih sumber tenaga mesin disatukan dalam satu kendaraan bermotor. Di dalam kendaraan bermotor sistem hybrid pada umumnya digunakan dua buah sumber tenaga mesin yaitu konvensional menggunakan Bahan Bakar Minyak dan tenaga listrik. Khususnya pada Hondal PCX 150 Hybrid menggunakan tenaga mesin konvensional dan tenaga listrik tambahan dari Baterai Litiium melalui sistem ACG. 

INILAH SISTEM KERJANYA

Seperti dikatakan di atas bahwa Honda PCX 150 Hybrid ini menggunakan baterai lithium ion dengan kapasitas 4 Ah berdaya 50,4 V, lalu bagaimana sistem kerjanya?

Sistem mesin listrik yang ada pada PCX Hybrid ini tidak menyalurkan tenaga / powernya langsung ke sistem transmisi secara independen, namun hanya digunakan untuk mendukung akselerasi percepatan atau tarikan mesin sepeda motor. Jadi sangat berbeda dengan sistem hybrid mobil pada umumnya, yaitu memberikan tenaga ke sistem transmisi pada kecepatan rendah sehingga mampu menghemat BBM secara maksimal. 

Baterai Lithium Ion akan memberikan daya listrik ke Motor Assist pada ACG saat tuas gas / akselerasi diputar secara mendadak atau ketika dalam kondisi Mode S Riding. Hasilnya memberikan efek tambahan akselerasi tenaga dan lebih hemat BBM. Tambahan tenaga dari sistem hybrid ini akan menambah tenaga mesin hingga 30%.

Berdasarkan dari pengujian internal dari AHM, Honda PCX 150 Hybrid memberikan akselerasi yang jauh lebih baik daripada tipe PCX 150 biasa. Catatan waktu yang ditempuh 0 – 50 meter untuk Honda PCX 150 Hybrid 4,65 detik, sedangkan pada Honda PCX 150 biasa 5,14 detik. Pada jarak 0 – 200 meter, PCX Hybrid mencatat waktu 11,7 detik lebih cepat dari PCX standar yaitu 12,3 detik. 

Salah kaprah soal Oktan Bensin, benarkah memakai bensin Oktan tinggi berpengaruh terhadap perfperf mesin dan eefisiens bahan bakar? 

Penggunaan bahan bakar yang disarankan dari pihak produsen sendiri yaitu Astra Honda Motor untuk Honda PCX 150 Hybrid adalah Bensin dengan RON 92 atau bensin merek Pertamax, guna mendapatkan performa mesin yang maksimal. 

PERBANDINGAN AKSELERASI DENGAN YAMAHA N-MAX

Dalam hal akselerasi dengan Yamaha N-Max, Honda PCX 150 Hybrid pun unggul saat menggunakan menu Hybridnya. Pada jarak 0 – 200 meter, Yamaha N-Max mampu berakselerasi 12,1 detik, sedangkan Honda PCX Hybrid 11,7 detik ( dengan mode Hybrid dinyalakan ). 

Jadi bisa disimpulkan untuk masalah akselerasi PCX Hybrid unggul dibandingkan N-Max. 


Baca juga : Kenapa Honda tidak menyematkan teknologi VTec Pada Mesin Sepeda Motornya

MODE BERKENDARA YANG TERSEDIA PADA PCX HYBRID


Pada Honda PCX 150 Hybrid terdapat tombol mode berkendara / riding mode, pada setang sebelah kiri di bagian depan. Mode berkendara PCX hybrid ada 3 macam yaitu

Mode Biasa

Adalah mode berkendara pada PCX Hybrid yang sama dengan mode berkendara sepeda motor pada umumnya atau sama seperti mode PCX standar, sistem Hybrid mati, mesin melaju sepenuhnya dengan bantuan tenaga dari bahan bakar. Mode ini dapat digunakan saat berkendara santai, berkendara biasa, melaju di dalam perkotaan, dalam kemacetan atau dalam perjalanan jauh

Mode Drive / D

Mode berkendara pada PCX Hybrid dimana sistem hybrid akan menyala saat tuas gas ditarik secara mendadak dan dalam. Maka motor assist akan bekerja memberikan tenaga listrik tambahan melalui ACG ke dalam mesin agar akselerasi motor menjadi tinggi. Mode ini cocok digunakan saat hendak mendahului kendaraan lainnya, seperti truk, mobil yang lambat, atau emak-emak yang naik motor.  

Mode Sport / S

Mode berkendara pada PCX hybrid dimana mesin sepenuhnya mendapatkan pasokan tenaga tambahan dari sistem hybrid. Mode ini sangat cocok jika Anda ingin mendapatkan akselerasi yang tinggi, melibas tanjakan, atau memburu waktu.

HARGA

Karena memiliki teknologi yang cukup canggih dan memang memiliki berbagai macam fitur canggih maka dipastikan AHM melepas PCX Hybrid dengan harga yang pantas, yaitu Rp. 41.000.000 ( Empat Puluh Satu Juta Rupiah ) OTR Jakarta. 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HONDA PCX HYBRID

Walaupun diklaim sebagai sepeda motor dengan teknologi tercanggih saat ini, namun tetaplah ada sisi kekurangannya. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan Honda PCX 150 Hybrid ini?

Kelebihan 

  • Jelas menggunakan teknologi modern dan memang pioner teknologi Hibrida pada sepeda motor
  • Tiga ( 3 ) Riding Mode yang akan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda bagi Anda
  • Konsumsi BBM lebih irit dibandingkan Honda PCX 150 standar maupun pesaingnya yaitu Yamaha N-Max
  • Sistem pengereman sudah ABS, handal dalam setiap pengereman

Kekurangan 

  • Harga mahal, di atas Rp. 40 juta
  • Tak ada warna pilihan, hanya warna Matte Blue saja
  • Suku cadang pasti mahal terutama untuk Baterai Lithium Ion nya, sekaligus jarang ditemui di pasaran. 
  • Produksi terbatas, sehingga harus inden lama.

TIPS AGAR SISTEM HYBRID BISA AWET

Karena sepeda motor PCX hybrid boleh dikatakan sebagai sepeda motor yang mengusung teknologi baru yaitu mesin hibrida tentu kita harus tahu cara merawatnya agar bisa awet, terutama karena suku cadang pada sistem hibrida ini masih tergolong langka di pasaran. Maka perhatikanlah tips di bawah ini.

Gunakanlah mode berkendara D dan S seperlunya saja, jangan terlalu sering digunakan untuk ugal-ugalan atau kebut-kebutan. Agar baterai lithium ionnya awet dan tidak cepat soak. 

Sering-seringlah mode berkendara biasa yaitu menggunakan mesin tanpa bantuan sistem hibrida. 

Jika mencuci sebaiknya jangan menyemprot bagian sistem hibrida terutama baterai yang terletak di balik jok belakang dengan semprotan steam yang bertekanan tinggi. Hal ini dikhawatirkan tekanan air yang terlalu tinggi bisa merusak atau mengurangi performa sistem hibridanya. Kalau mau membersihkan sebaiknya cukup dilap saja dengan kain basah, lalu dilanjut dengan dilap kanebo agar cepat kering.

Servis secara rutin pada bengkel resmi AHM atau AHASS karena hanya bengkel ini yang saat ini bisa menangani masalah sistem Hybrid. 

Itulah sedikit tentang review Honda PCX 150 Hybrid untuk Anda. Semoga bermanfaat

harga honda pcx hybrid, honda pcx 150 hybrid, honda pcx 150 aksesoris, honda pcx 150 accessories indonesia, honda pcx 150 abs 2019

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget