Atlan Tech

Seputar Sepeda, Otomotif, Gadget dan lainnya

PILIH POLYGON PREMIER 4 MODEL 2018 ATAU PASIFIC TRANZLINE 900

Kualitas mtb pasific, kualitas sepeda pasific, kelemahan sepeda pasific
Atlan-Tech. Kedua sepeda tersebut adalah tipe sepeda Cross Country menengah ke bawah alias entri level yang memiliki rentang harga yang kurang lebih sama dan banyak pula penggemarnya. Polygon adalah merek sepeda asli Indonesia yang sudah Go Internasional yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, sedangkan tipe Premier 4 merupakan tipe sepeda Polygon yang sudah banyak memiliki penggemar alias sudah dipakai banyak orang, sedangkan Pasific adalah pemain baru di dunia bisnis sepeda, salah satu tipe produk andalannya adalah Tranzline 900 yang cukup mendapat banyak permintaan. Selain itu juga kualitas sepeda Pasific juga tak perlu diragukan lagi walaupun dalam beberapa tipe harganya terbilang lebih murah daripada sepeda merek lainnya. 


Sepeda United Oxyde Pro 9, MTB Premium Dengan Fork Upside Down

Setelah admin mensurvei di beberapa toko online di berbagai marketplace dan website, serta toko Offline, untuk rentang harga masing-masing produk baik Polygon Premier 4 dan Pasific Tranzline 900 hampir memiliki kesamaan. Rentang harga kedua sepeda antara Rp. 3,7 juta – 3,9 juta, walaupun setiap toko berbeda harga namun tak jauh-jauh dari kedua angka di atas. Sebuah harga sepeda yang sudah lumayan bagi sebagian orang.


Baca juga : Galau, Prospek Honda Motor Akhirnya Produksi Honda Jazz 2020?  
Lalu bagaimana review kedua sepeda tersebut, mana yang lebih bagus ?, langsung saja cek reviewnya

FRAME SEPEDA

Frame sepeda alias wangkring ( dalam bahasa Jawa ) adalah tempat menempelnya hampir semua komponen sepeda. Frame sepeda diibaratkan sebagai tulang yang akan menyangga sepeda tersebut, maka bagus tidaknya sebuah sepeda bisa dilihat dari framenya seperti apa.

Polygon Premier 4

Mengusung frame Aluminium berteknologi Alutech AL 6 dengan dua pilihan warna yaitu hitam kelir biru dan hitam kelir coklat menjamin bobot sepeda ini cukup ringan dan lincah untuk berkendara baik di jalanan aspal baik aspal mulus, aspal kasar atau rusak maupun jalanan non aspal ( tanah berkerikil ). 

Desain frame bagian bawah yang sedikit melengkung di bagian ujung atas memberikan kesan elegan dan premium, serta tulisan besar Polygon pada bagian bawah frame semakin menegaskan kesan sepeda ini cukup sporty dan gagah. 

Jika dikendarai sepeda ini cukup stabil, terasa nyaman dan cukup kokoh. Tinggal Anda menyesuaikan tinggi badan dengan ukuran frame, karena tersedia ukuran frame S,M dan L. 

Pasific Tranzline 900

Frame yang dipakai pun tak kalah berkualitasnya, yaitu Frame Alloy 6061 yang terkenal lentur, kuat dan ringan, walaupun masih ada yang bilang sepeda ini masih sedikit lebih berat daripada Polygon Premier 4. Namun tipe frame Tranzline 900 sama dengan frame yang dipakai Premier 4.

Desain frame Tranzline 900 cukup standar, kotak dan lurus, mirip dengan desain Polygon X-Trada series model 2011-2014. Jika dilihat dari samping, maka Tranzline 900 terlihat lebih kekar dan sporty namun terkesan lebih kaku. 

Advertorial :  Tas Pinggang Untuk Menyimpan gadgetmu saat gowes sepeda, praktis dan simpel

Tranzline 900 juga cukup stabil saat dikendarai dan cukup kokoh dan nyaman baik di jalanan beraspal mulus, beraspal kasar / rusak maupun jalanan tanah non aspal.

Kesimpulannya, dari segi desain frame jelas Premier 4 memiliki keunggulan karena terlihat lebih elegan dan estetis dengan desain frame yang melengkung. Namun untuk masalah frame, kedua sepeda memiliki kualitas yang sama. 

SETANG / HANDLEBAR

Polygon Premier 4

Untuk masalah setang, Premier 4 dibekali setang / handlebar ukuran standar yaitu Entity Sport Alloy dengan panjang 76 cm. Stang ini bentuknya lurus dan cukup nyaman saat dikendarai, serta lincah saat bermanuver, belok dan lainnya.

Tranzline 900

Untuk handlebar pada Tranzline 900 juga berukuran overzise, terlihat lebih kokoh, dengan bahan alloy tipe yang kurang lebih sama dengan Premier 4. 

Untuk masalah handlebar alias setang, tidak ada yang istimewa dari kedua sepeda tersebut. 

PENGEREMAN

Rem adalah bagian penting guna menahan laju sepeda. Kedua sepeda sudah memiliki rem sistem hidrolik 2 channel alias depan belakang sudah hidrolik, namun sayangnya belum ABS, emang ada ya rem sepeda ABS... hehe.

Rem Premier 4 menyematkan rem hidrolik tipe Tektro HD-M275 Hidraulic Disc Brake, sedangkan untuk Tranzline 900 menggunakan rem hidrolik tipe Tektro HD-C300. Untuk sistem pengereman Tranzline 900 memiliki keunggulan dibanding Premier 4, setidaknya handle rem yang ditekan lebih ringan. 


Baca Juga : Kenapa Harga Sepeda Pasific Murah ?

GARPU DAN PEREDAM KEJUT DEPAN / FRONT FORK & SHOCK ABSORBER

Kedua sepeda bertipe Hardtail alias keras di bagian belakang, jadi hanya bagian depan saja yang memiliki fork bershock absorber.

Polygon Premier 4

Polygon menyematkan Fork jenis Suntour XCM dengan panjang travel shock absorber 120 mm / 12 cm, cukup empuk dan nyaman saat melibas jalanan berkerikil atau jalanan tanah, Anda bisa mengatur tingkat kekerasan pada fork ini karena sistem preload di dalamnya. Sayangnya pada fork depan ini belum terdapat pengunci.

Pasific Tranzline 900

Pasific menyematkan Fork jenis XCM RL dengan panjang travel 100 mm / 10 cm dengan pengunci pada shock absorbernya, jadi Anda bisa mengunci per pada peredam kejut ini saat Anda menggowes di jalanan beraspal. 

Untuk masalah Fork, kelihatannya Tranzline 900 memiliki keunggulan dibanding Premier 4. 

FRONT AND REAR DERAILLEUR ALIAS OPERAN GIR DEPAN BELAKANG

Polygon Premier 4

Polygon menyematkan Front Derailleur / operan depan jenis Shimano Altus dengan 3 piringan gear, dan Shimano Acera pada Rear Derailleur / operan belakang dengan 9 piringan gear. Jadi Grupset pada Polygon Premier 4 adalah campuran antara Shimano Altus dan Shimano Acera dengan jumlah 27 Speed.

Untuk masalah operan ini sudah cukup bagus saat perpindahan rantai di piringan gear, terutama bagian belakang, walaupun masih terasa sedikit jeda sedikit kasar terutama pada Front Derailleurnya, jadi maklum karena memang masih Shimano Altus dan Acera. 

Pasific Tranzline 900

Untuk masalah FD dan RD ini, kelihatanya Tranzline 900 memiliki keunggulan dibandingkan Premier 4, karena baik Front Derailleur ( FD ) maupun Rear Derailleur sudah menggunakan Shimano Acera, sehingga dalam setiap mengoper rantai ke setiap piringan gear akan terasa lebih nyaman daripada Premier 4. 

BAN ATAU TIRE

Polygon Premier 4

Polygon memasang ban berukuran 27,5 inchi dengan merek Performance. Dengan ban berukuran 27,5 ini tentu Premier 4 akan terlihat lebih gagah dan sporty, selain itu juga akan lebih nyaman melibas medan offroad ringan, tanjakan ringan, serta jalanan aspal bergelombang. 

Pasific Tranzline 900

Sayangnya penggunaan ban 27,5 tidak disematkan oleh Pasific pada produk Tranzline 900. Sepeda ini hanya menyematkan ban merek Kenda Karma 26 Inchi. Namun jika dilihat dari sisi merek ban, maka ban Kenda cukup bagus dan lebih berkualitas. 

KESIMPULANNYA

Dari kedua sepeda yang dibandingkan tersebut ternyata masing-masing punya kelebihan dan kelemahan, baik Polygon Premier 4 maupun Pasific Tranzline 900. Berikut kesimpulan reviewnya

Polygon Premier 4 Model 2018

Kelebihan 
  • Memiliki desain Frame yang elegan sekaligus macho
  • Memiliki ban 27,5 Inchi yang makin membuatnya gagah dan sporty
  • Rem cakram Hidrolik, depan belakang.
  • Merek Polygon yang tentunya sudah mendunia dan memiliki gengsi tersendiri di hati pemiliknya

Kelemahan

  • Front Derailleurnya masih Shimano Altus
  • Fork depan belum ada penguncinya

Pasific Tranzline 900

Kelebihan
  • Rem cakram hidrolik depan belakang
  • Baik Front Derailleur maupun Rear Derailleur sudah Shimano Acera
  • Fork depan sudah berpengunci

Kelemahan 
  • Desain frame yang terlihat kaku, kotak dan lurus
  • Ban yang masih 26 Inchi

Untuk kelemahan kedua sepeda di atas bisa diatasi dengan mengupgrade komponennya, namun tentunya akan menambah biaya. Jika memang penggunaan sepeda hanya sebatas untuk olahraga biasa, transportasi harian ke kantor, ke kampus dan sekolah atau cuma buat ikutan car free day tiap akhir pekan sebaiknya saya sarankan tak usah mengupgradenya. 

Namun kembali ke agan-agan semua yang mau beli sepeda merek apa, dengan melihat review di atas tentunya agan-agan bisa mempertimbangkan. Mau beli Polygon yang memang sudah brand terkenal dan kualitas terjamin, atau Pasific, brand baru namun kualitasnya juga bagus.

Salam Sehat

kualitas sepeda pasific, kelemahan sepeda pasific, kualitas mtb pasific, pabrik sepeda pasific, merek sepeda lokal indonesia

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget