Atlan Tech

Seputar Sepeda, Otomotif, Gadget dan lainnya

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN ANAK-ANAK

tips kesehatan, tips olahraga, tips bersepeda, merawat sepeda
ATLAN TECH. Besarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan dan mental anak-anak ternyata kurang disadari oleh banyak orang tua. Masih saja terlihat orang tua mengizinkan anak-anak ABGnya yang bahkan masih duduk di bangku SMP untuk mengendarai sepeda motor. Padahal di negara maju seperti Jepang, anak-anak berangkat ke sekolah dari SD hingga SMA naik sepeda adalah hal yang lazim ditemui, kita tahu Jepang adalah produsen otomotif terbesar di dunia. Karena memang orang-orang di negara maju seperti Jepang sangat paham manfaat bersepeda bagi kesehatan dan mental anak. 

Kesehatan dan mental anak adalah investasi masa depan bagi dia sendiri yang memang harus orang tua siapkan sedini mungkin, salah satunya adalah dengan menjadikan kebiasaan naik sepeda sebagai alat transportasi serta olahraga yang mengasyikan. Apa saja manfaat bersepeda untuk anak Anda

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK

Bersepeda rutin setiap hari mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Gerakan otot dan pembakaran kalori akan menyebabkan peredaran darah menjadi lancar, sehingga aliran oksigen ke seluruh organ di tubuh akan menjadi lebih baik, selain itu pula penyerapan nutrisi di dalam masing-masing jaringan dan organ tubuh pun menjadi lebih baik, sehingga sel-sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang lebih optimal, inilah yang menyebabkan kekebalan tubuh meningkat. 

Selain itu, kondisi alam luar selama perjalanan mengayuh sepeda mampu memberikan respon yang baik terhadap sistem kekebalan tubuh untuk membangun benteng yang lebih kuat terhadap penyakit. Hal ini tidak dialami oleh anak-anak yang selalu menaiki kendaraan seperti mobil yang tertutup. 

Baca juga : Inilah 5 Hal Menarik Tentang Bersepeda Yang Wajib Anda Ketahui 

MENURUNNYA RESIKO PENYAKIT JANTUNG DI MASA YANG AKAN DATANG

Kesehatan merupakan investasi masa depan yang terbaik, yang harus disiapkan sedini mungkin. Anak-anak yang terbiasa bersepeda saat sekolah hingga SMA, terbukti memiliki kondisi jantung lebih sehat dibandingkan anak-anak yang terbiasa menaiki kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil. Hal ini karena gerak tubuh ketika menggowes akan melatih pula otot-otot jantung untuk berdenyut lebih kuat. 

Hasilnya kesehatan jantung anak-anak di masa dewasa nanti akan lebih baik daripada anak yang terbiasa menaiki kendaraan bermotor.


Baca Juga : Polygon Cascade 2 atau Pasific Spazio 3.0, Pilih Yang Mana?

MELATIH KEDISIPLINAN

Menaiki sepeda berarti bersabar untuk lamanya waktu tempuh jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor seperti sepeda motor atau mobil, hal ini dikarenakan kecepatan sepeda yang tidak secepat kendaraan lainnya. 

Menaiki sepeda ke sekolah dapat melatih kedisiplinan karena berarti harus bangun lebih awal, bersiap dan berangkat lebih pagi dengan perhitungan waktu yang lebih disiplin dan lebih menghargai waktu. 

MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL YANG BAIK

Manfaat bersepeda untuk anak yang lainnya adalah melatih kecerdasan emosional, kecepatan sepeda yang lambat dibandingkan kendaraan bermotor akan melatih anak-anak untuk bersabar menempuh perjalanan yang lebih lama, selain itu anak-anak bisa menikmati pemandangan di sekitarnya yang mungkin saja terlewat ketika dia menaiki kendaraan bermotor. 

Selain itu bersepeda juga bermanfaat melatih kecerdasan emosional. Anak-anak bisa bersepeda ramai-ramai dengan teman-temannya, saling berbincang dan saling akrab. 

Bersepeda bukan berarti menjadikan kita terlihat miskin atau kurang bergengsi, faktanya banyak sepeda yang memiliki harga setara dengan harga kendaraan bermotor. Fakta lainnya adalah di negara-negara maju rata-rata penduduknya lebih suka bersepeda, lihat saja di Jepang atau negara maju lainnya. Mereka enjoy bersepeda walaupun mereka orang-orang kaya. 

tips olahraga, tips mengecilkan perut, tips kesehatan, tips olahraga kecilkan perut, tips menurunkan kolesterol, tips olahraga untuk diet, olahraga untuk anak, olahraga tepat untuk diet, manfaat bersepeda untuk remaja, manfaat bersepeda, manfaat bersepeda untuk anak sekolah

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget